- Hallo sahabat Pertanian dan Peternakan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul :
link :

Baca juga


SAMARINDA -- Dinas Perkebunan Kaltim melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Teknologi Terapan Perkebunan (T2P) menggelar pelatihan pengolahan kelapa dalam atau daging kelapa yang dianggap memiliki nilai ekonomi tinggi kepada petugas perkebunan di Samarinda, 25 -- 28 Maret 2013. Pelatihan ini menghadirkan Parito dari Coconut Center Indonesia, Yogyakarta, sebagai narasumber.
 
Kepala Disbun Kaltim, Etnawati, mengungkapkan, kelapa dalam merupakan salah satu komoditi unggulan perkebunan yang memiliki nilai ekonomi tinggi apabila dapat dikelola dengan baik bahkan mampu menghasilkan berbagai produk rumahan. Selama ini masyarakat masih menggunakan dan memanfaatkan daging kelapa hanya untuk kebutuhan rumah tangga ataupun keperluan usaha saja.
 
"Padahal, apabila diolah sesuai dengan teknologi, maka komoditi ini akan mampu menghasilkan berbagai produk industri," ujar Etnawati seraya menyebut, berbagai produk rumahan terutama bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UMK) itu seperti misalnya nata de coco, sirup coco pandan, selai, minyak goreng, sabun bahkan virgin coconut oil dan bio diesel.
 
Pelatihan ini, menurut Etnawati, sebagai upaya memberikan tambahan pengetahuan dan keterampilan bagi petugas perkebunan di lapangan, sekaligus untuk menjadikan keahliannya dalam meningkatkan pendapatan dalam keluarga maupun masyarakat.
 
"Minimal nantinya para petugas yang mengikuti pelatihan ini akan memiliki kemampuan untuk mengolah hasil perkebunan khususnya kelapa untuk usaha industri rumahan atau UKM. Sehingga akan mampu meningkatkan penghasilannya yang berimbas pada kesejahteraannya," harap Kepala Disbun Kaltim itu. (*rey-dil/diskominfo)


Demikianlah Artikel

Sekianlah artikel kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel dengan alamat link http://www.adisaja.com/2013/03/samarinda-dinas-perkebunan-kaltim.html
SHARE

Related Posts

There is no other posts in this category.
Subscribe to get free updates

Post a Comment