Pemerintah Pacu Keberlanjutan Industri Kakao

Pemerintah Pacu Keberlanjutan Industri Kakao

Pemerintah Pacu Keberlanjutan Industri Kakao - Hallo sahabat Pertanian dan Peternakan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pemerintah Pacu Keberlanjutan Industri Kakao, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Pemerintah Pacu Keberlanjutan Industri Kakao
link : Pemerintah Pacu Keberlanjutan Industri Kakao

Baca juga


Pemerintah Pacu Keberlanjutan Industri Kakao

JAKARTA --Sebagai negara yang berperan penting dalam menyediakan pasokan kakao dunia, Indonesia berperan aktif dalam forum–forum yang bersifat domestik dan internasional.
Salah satu kegiatan rutin yang diikuti selama ini adalah Konferensi Kakao Internasional. Konferensi Kakao Internasional telah diselenggarakan untuk ke-6 kalinya dan pada tahun ini berlangsung di Nusa Dua, Bali.

Tujuan dari konferensi kali ini ialah memberdayakan para petani kecil dalam mendukung keberlanjutan industri kakao.

 “Pemerintah Indonesia sebagai pemain terkemuka di industri kakao global dan telah mampu menempatkan diri untuk memprioritaskan dan fokus terhadap aspek keberlanjutan industri sejalan dengan kesejahteraan petani kakao,” ujar Mendag Muhammad Lutfi, Minggu (19/5/2015)

Tugas utama dalam meningkatkan kesejahteraan petani kakao, kata Lutfi, adalah mendukung peningkatan produktivitas para petani melalui peningkatan praktik pertanian kakao secara berkelanjutan.

Pemerintah Indonesia terus mengupayakan peningkatan pendapatan nasional melalui sisi ekspor, salah satunya dengan meningkatkan kehadiran kakao Indonesia di pasar internasional.

Indonesia tidak hanya mengekspor biji kakao guna membantu pemenuhan kebutuhan global, tapi juga mendorong ekspor produk olahan yang masih memiliki potensi luar biasa di pasar global, terutama produk-produk kakao seperti biji kopi yang difermentasi (fermented beans),

Coklat bubuk (cocoa powder), dan minuman keras (liquors).

“Sebagai produsen kakao terbesar kedua di dunia, Indonesia telah sangat berhasil menerapkan kebijakan perdagangan yang tidak hanya dapat meningkatkan produksi biji kakao, tetapi juga meningkatkan ekspor kakao olahan dibandingkan dengan biji kakao,” tambah Lutfi.

Kebijakan perdagangan, terutama aturan pajak ekspor yang sangat kondusif telah memberikan insentif bagi para petani dan produsen kakao untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas berdasarkan praktik terbaik internasional, serta menarik investor global dalam 3-5 tahun terakhir.

Hasilnya, industri kakao Indonesia merupakan salah satu sektor yang dapat dibanggakan karena telah berhasil mempromosikan ekspor bernilai tinggi dan menyeimbangkan antara kesejahteraan masyarakat dan kelestarian lingkungan.

“Dengan pasar bebas Asean  yang sebentar lagi akan berlaku, saya percaya bahwa investasi para produsen cokelat global pada industri kakao Indonesia yang akan menjadikan Indonesia sebagai poros produksi di Asia Tenggara hanya soal waktu,” kata Mendag.

Dia menambahkan permintaan komoditas kakao di dunia sangat tinggi, tapi saat ini hanya terdapat lima pemain besar industri kakao dunia.

“Untuk itu, mari kita pastikan bahwa kakao akan terus menjadi komoditas yang disukai banyak orang dengan tetap memelihara koordinasi dan kolaborasi dengan baik,” imbuhnya.


Demikianlah Artikel Pemerintah Pacu Keberlanjutan Industri Kakao

Sekianlah artikel Pemerintah Pacu Keberlanjutan Industri Kakao kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Pemerintah Pacu Keberlanjutan Industri Kakao dengan alamat link http://www.adisaja.com/2015/02/pemerintah-pacu-keberlanjutan-industri.html
SHARE

Related Posts

There is no other posts in this category.
Subscribe to get free updates

Post a Comment