Pemerintah Sering Kesampingkan Sektor Pertanian

Pemerintah Sering Kesampingkan Sektor Pertanian

Pemerintah Sering Kesampingkan Sektor Pertanian - Hallo sahabat Pertanian dan Peternakan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pemerintah Sering Kesampingkan Sektor Pertanian, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Pemerintah Sering Kesampingkan Sektor Pertanian
link : Pemerintah Sering Kesampingkan Sektor Pertanian

Baca juga


Pemerintah Sering Kesampingkan Sektor Pertanian

JAKARTA - Peneliti Indef Imaduddin Abdullah menilai, pertanian terkadang menjadi sektor yang terpinggirkan oleh pemerintah. Hal ini disebabkan karena pemerintah Indonesia dinilai belum memberikan solusi tepat untuk meningkatkan pertumbuhan sektor pertanian.

Padahal, seperti yang diketahui beberapa hari terakhir ini, sektor pertanian sedang terguncang karena isu kenaikan harga beras yang mencapai 30% dan campur tangan mafia beras yang melakukan pengoplosan beras.

"Pertanian kita saat ini sering dikesampingkan. Malah dianaktirikan sama pemerintah. Untuk pertumbuhannya sendiri, jumlahnya di bawah pertumbuhan PDB nasional," ujarnya di Jakarta, Selasa (24/2/2015).

Menurutnya, sektor pertanian memberikan kontribusi pada produk domestik bruto (PDB) sebesar 14%. Demikian juga pertanian yang juga menyerap tenaga kerja sebanyak 35% dari jumlah masyarakat.

"Banyak masyarakat Indonesia, terutama di daerah-daerah yang menggantungkan hidupnya di sektor ini. Tetapi pertumbuhan sektor pertanian lebih lambat dibanding sektor lain," kata dia.

Saking pentingnya sektor pertanian ini, Imaduddin mengatakan, pemerintah belum melakukan perbaikan kelembagaan pertanian. Perbaikan ini meliputi empat sektor, yaitu kelembagaan penyedia input, penyedia modal, penyedia tenaga kerja dan penyedia lahan.

"Kita punya anggaran besar di pertanian. Nah, anggaran besar itu harus bisa mengurai empat kelembagaan ini. Itu mencakup subsidi pupuk, kemudahan mendapatkan pembiayaan, penambahan value pertanian dan reformasi agraria," pungkasnya.


Demikianlah Artikel Pemerintah Sering Kesampingkan Sektor Pertanian

Sekianlah artikel Pemerintah Sering Kesampingkan Sektor Pertanian kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Pemerintah Sering Kesampingkan Sektor Pertanian dengan alamat link http://www.adisaja.com/2015/02/pemerintah-sering-kesampingkan-sektor.html
SHARE

Related Posts

There is no other posts in this category.
Subscribe to get free updates

Post a Comment