Panduan Cara Budidaya Jangkrik

Panduan Cara Budidaya Jangkrik

Panduan Cara Budidaya Jangkrik - Hallo sahabat Pertanian dan Peternakan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Panduan Cara Budidaya Jangkrik, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Budidaya, Artikel Jangkrik, Artikel Lainya, Artikel Peternakan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Panduan Cara Budidaya Jangkrik
link : Panduan Cara Budidaya Jangkrik

Baca juga


Panduan Cara Budidaya Jangkrik

Cara dalam berbudidaya memberikan informasi untuk sobat semuanya yang sekiranya sedang mencari solusi bagaimana dalam menyelesaikan problema. Karena mencari informasi sangatlah penting bagi kita untuk usaha yang sedang kita lakukan agar dapat memperoleh hasil yang maksimal. Karena itu berikut adalah informasi mengenai Budidaya Jangkrik yang kami berikan untuk anda semuanya, simak baik-baik informasinya.

Panduan Cara Budidaya Jangkrik


Urutan langkah-langkah untuk memulai Beternak Jangkrik dapat anda lihat dibawah ini:

  • Menentukan lokasi Kandang Jangkrik yang tepat
  • Pembuatan kandang ternak jangkrik/rumah tempat memelihara jangkrik
  • Membuat kotak pemeliharaan/BOX
  • Membuat penutup box
  • Mempersiapkan media hidup jangkrik berupa tre bekas wadah telur
  • Pakan utama berupa voor/konsentrat ayam pokhpan 511(recomended) yang dihaluskan
  • Pakan pendukung untuk masa awal berupa pepaya muda, gambas, sawi putih(sedikit). nb.pakan dapat ditambah dengan kedebog pisang, daun pepaya, daun singkong,daun pisang, pohon pepaya setelah umur 10 hr keatas(makanan recomended)
  • Terakhir untuk tambahan diusahakan makanan diatas ada untuk mendapatan hasil yang bagus, selanjutnya tinggal menunggu panen.

Panduan Cara Budidaya Jangkrik


1. Dimulai Dengan Menentukan Lokasi Kandang Jangkrik Yang tepat:

Untuk Beternak jangkrik memang sebaiknya memilih lokasi dan model kandang jangkrik yang sesuai dengan kriteria lingkungan hidup jangkrik, karena seperti yang kita ketahui Jangkrik bisa dibilang hewan musiman bukan berarti hanya ada pada musim tertentu namun ini lebih pada kehidupan/populasi normal hanya saat-saat musim tertentu. Misalnya saja jangkrik banyak hidup diarea persawahan dimana tanah kering dan udara panas tepatnya menjelang musim penghujan Populasi Jangkrik meningkat tajam namun juga tidak semua area disinggahi oleh populasi jangkrik ini. Misalnya saja dari sekitar 100 petak sawah hanya sekitar 12-15 petak saja yang banyak terdapat Jangkrik sedangkan lainya sangat jarang bahkan hampir tidak ada. Ini juga dapat menjadi pelajaran bahwa jangkrik memilih lokasi yang cocok untuk hidupnya, jika lokasi kurang sesuai maka akan ditinggalkan atau tidak dapat bertahan walaupun lokasi masih dalam satu area.

Hal ini juga berlaku pada kegiatan Budidaya Ternak Jangkrik, beda tempat beda juga hasilnya walaupun pada area yang sama. Jadi kita harus jeli sebagai Peternak Jangkrik harus paham betul mengenai lingkungan hidup yang baik bagi Jangkrik jika lokasi yang kita punya seperti ini maka seperti apa kita harus mengatur kandangnya! Intinya tetap pada pemilihan lokasi/mengatur lokasi yang kurang sesuai menjadi lokasi yang disukai oleh jangkrik. Jika Jangkrik adalah hewan musiman maka desain Kandang Jangkrik dibuat agar suhu lingkungan seperti pada musim Jangkrik di alam bebas. Sehingga kegiatan Budidaya dapat dijalankan sepanjang tahun dan sepanjang masa tanpa mengenal musim yang silih berganti. Ini adalah PR yang sulit untuk di adaptasi karena kita akan melawan kehendak alam, namun untuk keberhasilan Budidaya Jangkrik PDF semua dapat diatur! Jadi jangan takut menjadi Pembudidaya Jangkrik meskipun masih pemula.

Syarat Lingkungan Hidup Jangkrik Dan Pemilihan Lokasi Yang Tepat:

  1. Lokasi pemeliharaan sebaiknya harus tenang, sunyi dan teduh serta mendapat sirkulasi udara yang baik untuk penyesuaian suhu ruangan.
  2. Carilah Lokasi jauh dari keramaian atau sumber kebisingan seperti pasar, jalan raya, dan lain-lain.
  3. Lokasi sebaiknya juga jauh dari kegiatan manusia seperti lalu lalang orang lewat dan yang tidak berhubungan dengan kegiatan budidaya.
  4. Ruangan tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung.
  5. Sebaiknya jauh dari pepohonan agar dapat menyerap panas matahari secara bebas.
  6. Jauh dari kandang ayam atau hewan lain yang mengganggu.
  7. Usahakan menghindari lokasi yang banyak predator seperti semut, cicak, tokek, dan tikus namun hal ini masih dapat diminimalisir.

Jika beberapa syarat lokasi seperti diatas sudah didapat maka anda kini sudah mulai satu langkah untuk menjalankan Bisnis Budidaya Jangkrik. Selanjutnya anda tinggal membuat kandang/rumah bagi si jangkrik nantinya. Berikut adalah Cara Membuat Kandang Jangkrik Lengkap.

2. Selanjutnya Membuat Kandang Jangkrik/Rumah Tempat Memelihara Jangkrik

cara membuat kandang jangkrik benar baik dan bagus adalah dengan membangun sebuah gubuk yang luasnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan lengkap dan sederhana, namun jika anda memiliki lokasi yang kosong misalnya saja teras rumah, dapur belakang yang agak luas ataupun kamar/ruangan kosong juga dapat anda jadikan tempat penangkaran jangkrik asalkan tidak lembab atau kemasukan air/kebanjiran saat hujan. Nah untuk kandang pembesaran jangkrikyang dibangun seperti gubuk sendiri dapat berupa konstruksi tembok semi batako dengan asbes atau hanya menggunakan bethek bambu/anyaman bambu yang diberi terpal plastik dibagian luarnya. Tujuanya adalah untuk menjaga suhu ruangan agar tetap hangat walaupun saat hujan. Meskipun tidak kokoh namun yang terpenting rapat dan terhindar dari angin masuk, karena angin dapat mempengaruhi kehidupan Jangkrik yang dipelihara. Jadi intinya kandang jangkrik yang baik berada didalam ruangan yang tertutup bebas dari hembusan angin luar. Namun jika tidak ada lokasi yang sesuai anda juga dapat membuat Kandang Jangkrik Sederhana yang penting suhu ruangan cocok untuk memelihara jangkrik. Jadi masalah Ukuran Kandang Jangkrik tidak menjadi masalah disini.

Spesifikasi Kandang Jangkrik Ideal/Gubuk :

  1. Lantai dasar cukup tanah biasa tidak harus dilapisi semen cor asalkan kering dan tidak terlalu lembab.
  2. Lantai diusahakan tinggi untuk menjaga kelembaban terutama disaat musim hujan.
  3. Tembok semi batako, yaitu 1,5 meter batako dan pada bagian atasnya asbes dan angin2.
  4. Atau tembok berupa asbes bagian atas bethek bambu untuk angin2.
  5. Tembok juga dapat berupa bethek bambu dan pada bagian luar diberi plastik terpal sebagai penutup untuk menjaga suhu lingkungan.
  6. Atap berupa asbes karena dengan asbes suhu lingkungan akan lebih stabil dan tetap hangat walaupun saat hujan.
  7. Tinggi atap miring 2,5m - 3,5/4m jangan terlalu tinggi agar ruangan tetap hangat tidak terlalu banyak angin yang masuk.
  8. Selanjutnya kandang dapat diatur sesuai rancangan masing2 peternak! namun usahakan kriteria seperti yang diatas untuk memedahkan dalam beradaptasi saat pergantian musim.

3. Mempersiapkan / Cara Membuat Kandang Jangkrik

Model Kandang Jangkrik / BOX terbuat dari triplek/plywood yang dirancang seperti peti namun diberi kaki-kaki untuk menghindari semut. Nantinya pada kaki-kaki tersebut diberi wadah berupa botol aqua yang dipotong dan diisi dengan oli bekas sebagai penghalang semut dan predator naik kekandang. Kenapa harus oli bekas? karena oli bekas dapat didapat secara gratis tanpa perlu biaya tambahan dan anda dapat mencarinya di bengkel motor/mobil terdekat dari kediaman anda. Oli bekas ini berfungsi sebagai pembunuh predator yang hendak masuk dan terjebur kedalamnya. Kalau pakai air tidak menjamin jika semut yang terperangkap mati didalamnya kadang berenang dan naik keatas kandang. Namun ada juga Kandang Jangkrik Dari Kardus dan cara ini mrupakan jenis Kandang Jangkrik Baru yang belum pernah saya coba, karena secara logika wadah Pakan Jangkrik yang terbuat dari kardus saja dapat dihabiskan tanpa sisa bersama makanan yang diatasnya.

Cara Buat Kandang Jangkrik dimulai dengan mencari bahan baku berupa:

  1. Kayu reng/kayu untuk memasang genting yang diapasang diatas pasak. Kayu ini dipakai untuk rangka box/kandang pemeliharaan jangkrik.
  2. Triplex/plywood yang nanti dipakai untuk tembok atau dinding dan alas kandang/box
  3. Paku yang dipakai untuk merakit reng dan triplex menjadi box/kandang jangkrik.
  4. Semen putih/mill yang dipakai untuk melumuri dinding kandang.
  5. Lakban coklat yang dipakai untuk pembatas dibagian atas kandang agar jangkrik tidak dapat kabur.
  6. Waring/jaring ikan dipakai untuk penutup bagian atas supaya predator seperti ngengat dan tokek dan cecak tidak masuk kedalam kandang saat keadaan terbuka.
  7. Bambu yang digunakan untuk bahan pembuat tutup kandang yang dipadukan dengan terpal plastik.
  8. Terpal plastik untuk penutup kandang, Model Kandang Ternak Jangkrik ini yang menjadi standart di tempat kami.

Setelah semua bahan diatas sudah ada maka saatnya untuk membuat kandang/box untuk memelihara jangkrik.Disini kami tidak akan membahas bagaimana untuk membuat kandang secara mendetail karena kami anggap anda sudah bisa membuatya.

5. Media Untuk Tempat Hidup Dalam Kandang Jangkrik

Selain kandang untuk pemeliharaan berupa kotak yang terbuat dari tripleks perlengkapan lain yang dibutuhkan untuk budidaya jangkrik adalah media tempat hidup jangkrik itu sendiri yaitu TRE bekas wadah telur ayam yang terbuat dari bahan semacam kertas karton. Tre berfungsi sebagai tempat merambat dan bersembunyi jangkrik layaknya hidup dialam bebas. Tre ditata didalam kotak pemeliharaan / BOX dengan cara ditumpuk antar kaki-kakinya agar terbentuk ruang antar tre yang nantinya menjadi ruang hidup jangkrik mulai dari menetas hingga panen.

Cara menata tre dalam kandang jangkrik

Pertama yang harus dilakukan adalah mendapatkan tre bekas itu sendiri. Kenapa harus memakai tre bekas? ini untuk menghemat biaya karena jika membeli yang baru maka biaya yang anda keluarkan akan menjadi sangat banyak. Untuk menekan biaya Beternak Jangkrik maka alternatif yang baik adalah tre bekas telur ayam.

Selanjutnya tre yang telah anda dapatkan dijemur diatas terik matahari yang cukup minimal 6 jam jika sedang terik, gunanya untuk memudahkan dalam membersihkan kotoran dan debu yang menempel. Setelah selesai dijemur selanjutnya tre dipukul-pukulkan untuk merontokan kotoran dan debu, dan untuk kotoran yang menempel kuat dapat dibersihkan dengan sikat gigi bekas. Pekrjaan ini wajib anda lakukan sebelum tre anda pasang dengan alasan kesehatan jangkrik.

Setelah tre siap kini saatnya anda menata tre dalam kandang. Dimulai dengan menata satu tingkat merata secukupnya, jika salah satu sisi tidak muat sebaiknya dikosongkan saja sementara. Lalu untuk tumpukan tre kedua ditata berlawanan agar tre tidak menyatu, jadi didalam terbentuk rongga yang nantinya digunakan jangkrik untuk bersembunyi layaknya dialam liar. Untuk tempat yang kosong tadi dapat anda beri tre yang agak jelek ditekuk dan ditata ditempat yang kosong tadi. Sebaiknya anda sesuaikan dengan kondisi yang terbaik

Panduan Cara Budidaya Jangkrik - Kami setakan juga informasi yang lainya yaitu Teknik Budidaya Ikan Bawal dan Cara Pembesaran Ikan Bawal dan Cara Menetaskan Telur Bebek Dengan Cepat dan Benar untuk sumber pengetahuan anda seuanya, terimakasih semoga dapat membantu.


Demikianlah Artikel Panduan Cara Budidaya Jangkrik

Sekianlah artikel Panduan Cara Budidaya Jangkrik kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Panduan Cara Budidaya Jangkrik dengan alamat link http://www.adisaja.com/2015/11/panduan-cara-budidaya-jangkrik.html
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment